SOP Hydrant Pump: Perawatan dan Inspeksi

SOP Hydrant Pump: Perawatan dan Inspeksi

Peranan pompa atau fire pump dalam instalasi fire hydrant sangatlah penting! Tanpa fire pump atau pompa hydrant instalasi fire hydrant tidak dapat bekerja.

Pompa hydrant bekerja untuk memompa air dari ground tank/water reservoir ke seluruh instalasi fire hydrant. Kemudian, air bertekanan inilah yang akan digunakan untuk memadamkan api. Jadi, peranan dari pompa hydrant sangatlah penting.

Dalam sebuah rumah pompa terdapat tiga buah pompa hydrant atau fire pump yang akan mengalirkan air bertekanan dari ground tank atau water reservoir ke seluruh instalasi fire hydrant.

  • Pompa elektrik¬†adalah pompa utama yang berfungsi untuk mengisi persediaan air yang selanjutnya akan distribusikan ke seluruh jaringan pipa hydrant saat kebakaran secara otomatis.
  • Pompa jockey bekerja untuk menjaga stabilitas tekanan air pada instalasi fire hydrant.
  • Pompa diesel¬†sebagai cadangan saat pompa elektrik mati/tidak ada aliran listrik, bisa juga saat tidak dapat memasok kebutuhan air untuk hydrant pillar.

Nah, karena peranan pompa hydrant sangat penting, maka kamu harus merawatnya sesuai SOP.

SOP Hydrant Pump untuk Pemeliharaan dan Perawatan

Jika hendak melakukan pemeliharaan dan perawatan pada pompa hydrant, bisa melakukannya dengan cara mengaktifkan fire pump/pompa hydrant satu kali (1x) dalam seminggu. Selanjutnya, khusus untuk pompa diesel lakukan juga pemeriksaan accu, pendingin air radiator dan oli pelumas mesin.

SOP Hydrant Pump Terlengkap

Selain pompa hydrant yang harus dirawat dengan baik, kerja pompa juga mesti didukung dengan ketersediaan air supply hydrant yang memadahi. Karena jika pompa hydrant aktif, namun supply air tidak tersedia, maka akan percuma saja.

Oleh kareanya, kamu harus me-monitor ketersediaan air secara berkala! Mau tahu apa solusi mudah untuk me-monitor ketersediaan air supply untuk fire hydrant? Kamu bisa gunakan Welmo!

Monitor Hydrant dengan Mudah Pakai Aplikasi Welmo!

Dengan aplikasi Welmo kamu dapat me-monitor instalasi fire hydrant milikmu dengan mudah, cukup pakai smartphone. Kamu juga dapat me-monitornya dari mana saja dan kapan saja secara real time. Aplikasi Welmo juga akan memberikan notifikasi saat hal-hal di bawah ini terjadi:

SOP Hydrant Pump Terlengkap Pakai Aplikasi Welmo

  • Air supply untuk hydrant habis atau di bawah standar
  • Ground tank/water reservoir bocor
  • Pompa hydrant aktif
  • Kerusakan pada sistem instalasi fire hydrant
  • Kebakaran

Nah, jangan lupa rawat pompa hydrant milikmu secara berkala sesuai SOP dan gunakan aplikasi Welmo!

SOP Hydrant Pump: Perawatan dan Inspeksi, SOP Hydrant Pump: Perawatan dan Inspeksi, SOP Hydrant Pump: Perawatan dan Inspeksi

Leave a Comment

0