SOP Pelatihan Penggunaan APAR, Apa Saja Tahapannya?

Memiliki alat pemadam api ringan (APAR) memang sangat diperlukan untuk memproteksi diri dan aset milik Anda. Namun, memiliki APAR tanpa mengetahui cara menggunakannya adalah hal yang fatal. Karena Anda akan kesulitan menggunakan APAR ketika dibutuhkan. Dengan melakukan SOP pelatihan penggunaan APAR, diharap Anda bisa tangkas dalam menggunakan APAR.

SOP Pelatihan Penggunaan APAR Segitiga Api

Dalam melakukan pelatihan penggunaan APAR, Anda juga akan dibekali beberapa ilmu seputar kebakaran dan juga seluk-beluk APAR. Materi seperti teori segitiga api, kelas kebakaran, pengenalan komponen-komponen APAR dan media APAR akan disampaikan sebelum melakukan latihan penggunaan APAR secara langsung.

 

SOP Pelatihan Penggunaan APAR dan Materi yang Disampaikan

Sebelum Anda melakukan pelatihan APAR, pasti Anda akan dibekali tentang informasi mengenai teori segitiga api. Teori inilah yang akan menjabarkan bagaimana api yang penyebab kebakaran bisa terjadi. Dengan mengetahui teori ini, Anda akan semakin paham bagaimana APAR bisa memadamkan api.

Setelah mengetahui teori segitiga api, pembekalan materi akan menuju klasifikasi kelas kebakaran. Mengetahui kelas kebakaran sangatlah penting karena ini berkaitan dengan upaya pemadaman api dan media APAR yang bisa digunakan. Karena beda kelas kebakaran beda juga media pemadam apinya.

Lalu, Anda akan diberikan informasi mengenai komponen-komponen APAR dan bagaimana cara merawatnya. Mengetahui komponen-komponen APAR dan fungsinya sangat penting. Karena hal ini akan menghindarkan Anda dari salah penggunaan ketika mengoperasikan APAR.

SOP Pelatihan Penggunaan APAR dan Materi yang Disampaikan

Setelah itu Anda wajib mendapatkan materi tentang media APAR. Informasi tentang media APAR sangat penting, mengingat tidak semua media APAR bisa diaplikasikan ke semua kelas kebakaran. Maka dari itu pengetahuan tentang APAR akan menghindarkan Anda dari salah menggunakan media dalam pemadaman kelas kebakaran tertentu.

 

Praktik Langsung SOP Pelatihan Penggunaan APAR

Setelah mendapatkan bekal tentang materi seputar APAR dan kebakaran, maka ini saatnya untuk praktik langsung menggunakan APAR. Dalam menggunakan APAR ada teknik yang harus selalu diingat yaitu PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep):

  • Pull: menarik safety pin dari tabung APAR
  • Aim: mengarahkan ujung selang/nozzle ke sumber api
  • Squeeze: menekan tuas APAR untuk mengeluarkan media APAR
  • Sweep: menyemprotkan media dari kiri ke kanan (atau sebaliknya) untuk memadamkan sumber api

SOP Pelatihan Penggunaan APAR dan Praktik Langsungnya

Dalam menggunakan APAR, Anda juga harus memperhatikan arah angin. Jangan sampai angin malah membawa media APAR yang Anda semprotkan ke arah sebaliknya dan membuat upaya pemadaman menjadi tidak maksimal.

Setelah mengetahui SOP pelatihan penggunaan APAR, diharap Anda bisa mendapat informasi utuh tentang pelatihan APAR. Meski mendapat informasi mengenai pelatihan APAR, namun sangat disarankan untuk melakukan pelatihan APAR dengan dibimbing oleh teknisi atau trainer APAR berpengalaman dan profesional. Ini agar Anda mendapat pengalaman pelatihan APAR yang maksimal.

Leave a Comment

0