Standar Ketinggian Manual Pull Station Fire Alarm Menurut NFPA

Fire alarm pull station adalah salah satu komponen penting pada instalasi fire alarm. Untuk memastikan alat ini dapat digunakan secara efisien, standar ketinggian manual pull station fire alarm harus diperhatikan pada saat instalasi.

Apa Itu Manual Pull Station Fire Alarm?

Fire alarm adalah sistem yang dirancang untuk mendeteksi keberadaan api dan memberikan peringatan melalui sinyal audio maupun visual. Sistem ini digunakan untuk melindungi nyawa dan harta benda dari bahaya kebakaran.

Sistem alarm kebakaran terdiri dari berbagai komponen yang bekerja bersama-sama untuk mendeteksi, memberi peringatan, dan mengendalikan bahaya kebakaran. Nah, salah satu komponen tersebut adalah manual pull station fire alarm.

standar ketinggian manual pull station fire alarm nfpa 72

Manual pull station fire alarm adalah perangkat manual yang digunakan untuk mengaktifkan sistem alarm kebakaran.

Fire alarm pull station diperlukan di hampir semua bangunan, apapun klasifikasi huniannya. Hal ini sesuai dengan standar National Fire Protection Association (NFPA) 101: Life Safety Code.

Alat keselamatan tambahan harus disediakan jika ada upaya perlindungan yang dianggap kurang efektif. Jadi, meskipun sudah ada fire alarm otomatis, namun manual pull station fire alarm tetap harus dipasang sebagai cadangan.

Tujuannya untuk mengantisipasi jika sistem alarm otomatis tidak bekerja saat situasi darurat. Orang-orang yang berada di dekat lokasi kebakaran bisa mengaktifkan perangkat ini secara manual.

standar ketinggian manual pull station fire alarm yang aman

Umumnya, bentuk fire alarm pull station adalah sebagai berikut:

  • Bentuk: Biasanya berbentuk kotak persegi panjang dengan bagian depan datar.
  • Warna: Umumnya berwarna merah untuk menarik perhatian dan memastikan perangkat ini mudah dikenali.
  • Tulisan: Pada bagian depan, biasanya ada tulisan seperti “PULL” atau “FIRE” untuk memberi tahu orang apa yang harus dilakukan dan untuk apa perangkat ini diperuntukkan.
  • Mekanisme Tarik: Bagian yang harus ditarik, biasanya berada di tengah atau bagian bawah dari pull station. Ada yang berbentuk seperti pegangan kecil atau tuas yang perlu ditarik ke bawah untuk mengaktifkan alarm.
  • Kaca atau Segel: Beberapa model mungkin dilengkapi dengan kaca tipis atau segel plastik yang perlu dipecahkan sebelum menarik tuas. Ini dirancang untuk mencegah pengaktifan yang tidak disengaja dan untuk memberikan indikasi fisik bahwa stasiun ini telah diaktifkan.

Lalu, bagaimana cara kerja fire alarm pull station? Semua jenis manual pull station terhubung ke sistem alarm. Setelah ditarik atau ditekan, alarm akan berbunyi untuk memberikan peringatan bahaya kebakaran kepada penghuni gedung.

Sistem ini juga tersambung ke lampu di sekitar gedung dan menyebabkan lampu berkedip saat alarm berbunyi. Hal tersebut memastikan mereka yang mengalami kesulitan pendengaran juga diperingatkan akan bahaya yang terjadi.

Baca juga: Apakah Ada Fire Alarm untuk Orang Tuli? Ini Kata NFPA

Setelah mengaktifkan manual pull station, orang-orang yang mendengar alarm bisa segera melakukan evakuasi. Penting juga untuk memberitahu petugas keamanan gedung dan regu Damkar agar kebakaran bisa ditangani secepatnya.

Ketinggian Manual Pull Station Fire Alarm Harus Sesuai Standar, Kenapa?

Pemasangan komponen fire alarm system harus sesuai standar. Termasuk ketinggian manual pull fire alarm yang harus dipasang sesuai standar. Tinggi pemasangan fire alarm pull station penting untuk diperhatikan karena beberapa alasan berikut:

1. Mudah Dijangkau Semua Orang

standar ketinggian manual pull station fire alarm untuk mempermudah akses

Pemasangan pada ketinggian yang tepat memastikan bahwa sebagian besar orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan mobilitas atau ketinggian, dapat dengan mudah mengakses dan mengaktifkan pull station dalam keadaan darurat.

2. Menghindari Aktivitas Tidak Disengaja

Jika pull station terpasang terlalu rendah, ada risiko lebih besar bahwa anak-anak atau benda yang bergerak dapat tanpa sengaja mengaktifkannya. Hal ini bisa menimbulkan alarm palsu yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.

3. Mudah Dilihat Saat Darurat

Pemasangan pada ketinggian yang optimal juga memastikan bahwa manual pull station mudah dilihat. Ini penting agar orang-orang tahu dimana perangkat berada dan dapat dengan cepat mengaksesnya saat diperlukan.

4. Mudah Akses untuk Penyandang Cacat

Untuk memastikan semua individu, termasuk mereka yang menggunakan kursi roda dapat mengakses pull station, ketinggian pemasangan harus mempertimbangkan kebutuhan mereka. Jadi, pemasangannya tidak boleh terlalu tinggi.

5. Mencegah Kerusakan

Memasang pull station di ketinggian yang tepat juga dapat membantu mencegah kerusakan akibat banjir atau aktivitas lainnya di lantai. Jika posisinya terlalu rendah, ada banyak kemungkinan yang meningkatkan risiko kerusakan perangkat ini.

Standar Ketinggian Manual Pull Station Fire Alarm Menurut NFPA 27

Dimana kita harus meletakkan fire alarm pull station? Agar lebih aman dan fungsinya efisien, cara pemasangan fire alarm pull station harus sesuai dengan Standar NFPA 72. Apa sih standar NFPA 72 itu?

NFPA 72: National Fire Alarm and Signaling Code adalah standar yang diterbitkan oleh National Fire Protection Association (NFPA) yang berfokus pada sistem alarm kebakaran, sistem peringatan publik, dan sistem komunikasi darurat.

NFPA 72 memberikan pedoman teknik terkait perencanaan, desain, instalasi, pemeliharaan, dan pengujian sistem alarm kebakaran. Nah, salah satunya adalah terkait dengan standar ketinggian manual pull station fire alarm.

Lokasi pemasangan fire alarm pull station tergantung pada desain dari gedung atau hunian. Namun, yang pasti area tersebut harus bebas dari hambatan. Hal ini supaya alat ini mudah dilihat oleh orang-orang dalam kondisi darurat.

Fire alarm pull station biasanya ditempatkan pada lokasi yang strategis dan terlihat dengan jelas di seluruh area atau bangunan. Umumnya, letaknya berada di dekat pintu keluar, tangga, koridor, dan lokasi lain yang mudah diakses.

Standar ketinggian manual pull station fire alarm menurut NFPA 72 adalah sebagai berikut:

1. Jarak Maksimal dari Pintu 1,5 Meter

standar ketinggian manual pull station fire alarm yang benar dan efektif

Pemasangan manual pull station harus pada area yang mudah dijangkau. Salah satunya di samping pintu keluar. Menurut Standar NFPA 72, manual pull station harus dipasang dengan jarak 60 inchi atau 1,524 meter dari pintu keluar.

2. Tinggi dari Lantai 1,07 – 1,22 Meter

Standar NFPA 72 mengharuskan perangkat ini ditempatkan setidaknya 1,07 meter dan tidak lebih dari 1,22 meter dari lantai. Tujuannya agar posisi fire alarm pull station tersebut bisa diakses oleh mereka yang menggunakan kursi roda.

3. Jarak Satu Sama Lain 60,96 Meter

Jika gedung memiliki lorong yang panjang dan banyak pintu keluar, semakin banyak manual pull station yang dibutuhkan. Cara pemasangan fire alarm pull station tersebut harus dalam jarak 200 kaki atau 60,96 meter satu sama lain.

Mau Pasang Fire Alarm Sesuai Standar? Yuk, Konsultasi Sama Ahlinya!

Pemasangan fire alarm di gedung tidak boleh sembarangan. Ada standar yang wajib dipatuhi agar sistem ini bisa bekerja optimal. Untuk itu, kamu perlu konsultasi dengan kontraktor fire alarm yang ahli dan berpengalaman di bidang ini.

standar ketinggian manual pull fire alarm menurut NFPA 72

Bromindo adalah solusi terbaik untuk pemasangan fire alarm standar NFPA. Selama 25 tahun, Bromindo telah menjadi konsultan dan kontraktor terkemuka di bidang sistem proteksi kebakaran, termasuk sistem fire alarm.

Teknisi Bromindo merupakan member resmi NFPA yang ahli dan berpengalaman di bidang ini. Jadi, bisa dipastikan ketinggian manual pull station fire alarm di gedungmu akan dipasang sesuai standar NFPA 72.

Bromindo hanya menggunakan material berkualitas untuk menjamin fungsi fire alarm berjalan sesuai harapan. Kinerja kami juga didukung oleh aplikasi management proyek yang akan memastikan proyek instalasi berjalan transparan.

Mau instalasi fire alarm-mu sesuai standar NFPA? Yuk, hubungi kontak kami untuk konsultasi langsung dengan tim Bromindo. Jangan lupa share artikel ini biar semakin banyak orang yang paham pentingnya standar ketinggian manual pull fire alarm.

Leave a Comment

0