Standar Penempatan APAR dan Poin-poin yang Harus Diingat

Standar penempatan APAR sangatlah penting, sampai-sampai diatur oleh pemerintah melalui Peraturan
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 Tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan. Oleh sebab itu, sebelum menempatkan APAR kamu harus mempelajari standar-standarnya terlebih dahulu.

4 Poin Standar Penempatan APAR yang Benar

Karena APAR harus dijaga dengan baik supaya tidak rusak atau tidak hilang saat dibutuhkan, maka ada beberapa hal yang harus diikuti saat menempatkan APAR. Di bawah ini akan dirangkum 4 poin penting standar penempatan APAR yang harus kamu ikuti dalam menempatkan APAR sesuai standar:

  • Tempat standar penempatan APAR adalah area yang mudah diakses dan tidak terhalang oleh benda atau gangguan lainnya.
  • Tepat di atas APAR dipasang haruslah diberi tanda APAR yang jelas dan sesuai standar.
  • Pasang APAR di dinding, minimal 15 cm dari lantai atau idealnya adalah 125 cm dari lantai.
  • Jarak antara APAR satu dengan lainnya adalah 15 meter, atau bisa disesuaikan sesuai saran dari ahli K3.

Standar Penempatan APAR yang Benar

Poin-poin standar penempatan APAR di atas harus diikuti supaya APAR mudah diakses dan selalu dalam kondisi siap pakai. Karena jika APAR ditaruh sembarangan bisa saja APAR rusak atau hilang.

Standar Penempatan APAR Outdoor

Selain empat poin di atas, jika kamu meletakan APAR di luar ruangan atau outdoor harus diberi tambahan box APAR. Dengan adanya box APAR, maka komponen-komponen APAR dan juga media pemadam api yang ada di dalam tabung APAR akan terlindungi dari paparan cuaca ekstrim yang ada. Karena jika APAR tidak dilindungi box APAR, maka tabung dan komponen APAR akan cepat mengalami korosif. Selain itu, media di dalam tabung APAR juga bisa menggumpal karena paparan cuaca.

Standar Penempatan APAR Outdoor

Pemilihan box APAR juga harus diperhatikan, pilihlah box APAR yang sesuai dengan ukuran APAR-mu, pastikan juga box APAR berwarna merah dan memiliki pintu atau penutup.

Ada dua tipe pintu box APAR yang sesuai standar penempatan APAR, satu yang bisa dikunci dan yang kedua tidak bisa dikunci. Jika box yang tidak bisa dikunci biasanya pintu full terbuat dari besi atau fiber, namun jika pintu bisa terkunci biasanya ada bagian yang terbuat dari kaca, agar dalam keadaan darurat pintu box APAR tersebut bisa dipecah dan APAR bisa diambil.

Standar Penempatan APAR dan Pentingnya Perawatan APAR

Selain standar penempatan APAR yang harus diperhatikan, kamu juga tidak boleh kelewatan untuk melakukan inspeksi bulanan! Lalu, bagaimana ya biar tidak kelupaan melakukan inspeksi bulanan supaya APAR tetap terawat? Jawabannya adalah menggunakan aplikasi APAR Firecek!

Dengan bantuan fitur Firecek, kamu bisa membuat jadwal inspeksi dan akan mengingatkan jadwal inspeksi tersebut. Selain itu, aplikasi APAR Firecek juga akan menyimpan data APAR-mu dan memberi notifikasi jika APAR sudah memasuki masa kadaluarsa, sangat membantu bukan aplikasi Firecek ini? Ayo segera pasang Firecek di smartphone-mu supaya APAR tetap terawat dan selalu siap pakai.

Standar Penempatan APAR dan Pentingnya Perawatan APAR Menggunakan Aplikasi APAR

Leave a Comment

0