Standar Perawatan Gedung dan Peralatan Damkar Menurut NFPA

Tahukah Anda bahwa mengetahui standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA itu sangat penting? Pasalnya, meskipun sangat penting, faktanya masih banyak yang belum mengetahui akan standar pemeliharaan gedung dan peralatan pemadam kebakaran lo!

Padahal, dengan kamu mengetahuinya selain mematuhi standar yang berlaku, ternyata juga dapat membantu dalam memaksimalkan sistem proteksi kebakaran yang kamu miliki. Apakah kamu sudah mengetahuinya? Jika belum, simak penjelasan lengkap berikut ini sampai selesai ya!

Standar Perawatan Gedung dan Peralatan Damkar Menurut NFPA Tentang Kode Kebakaran di Gedung

standar akses pemadam kebakaran di gedungDalam sistem proteksi kebakaran tentu saja ada standar yang perlu kamu patuhi, salah satunya dari National Fire Protection Association (NFPA). Nah, dalam standar NFPA ini terdapat sebuah aturan yang membahas tentang identifikasi bangunan, yaitu NFPA 1 yang berada pada sub bagian 10.11.

Dalam National Fire Protection Association 1 ini menjelaskan secara spesifik tentang kode kebakaran yang biasanya bentuknya berupa nomor. Kode kebakaran ini biasanya terpasang pada sebuah bangunan atau tiang yang letaknya berada di pinggir jalan.

Fungsi utama dari penomoran bangunan ini adalah untuk membantu petugas pemadam kebakaran dalam menemukan titik lokasi kebakaran. Sesuai dengan standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA, nomor tersebut memiliki desain rancangan khusus, yaitu berwarna kontras.

Standar Pemeliharaan Akses Pemadam Kebakaran

jalur akses pemadam kebakaran sistem proteksi kebakaran gedungUntuk memberikan infrastruktur pemadam kebakaran yang memadai, tentunya petugas pemadam kebakaran membutuhkan akses jalan. Nah, untuk penjelasan tentang akses jalan ini dapat kamu lihat pada NFPA 1 bagian 1 yang menjelaskan tentang persyaratan akses peralatan pemadam kebakaran.

Dalam aturan tersebut, kamu harus selalu memastikan kondisi akses jalan bagi petugas pemadam kebakaran dalam kondisi yang bagus.  Hal itu perlu kamu lakukan agar petugas pemadam dapat memasuki area gedung untuk melakukan pemadaman dengan jarak 15 meter (50 kaki).

Oleh karena itu, dalam standar NFPA dijelaskan tentang jarak ideal gedung dengan pintu luar adalah 46 meter (150 kaki) dan pada bagian lantai pertama tingginya adalah 137 meter (450 kaki). Selain itu, dalam standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA, akses jalan bagi petugas ini harus benar-benar terjaga, jangan sampai terhalang benda lain.

Perawatan Kotak Akses Pemadam Kebakaran

Standar Pemeliharaan Akses Pemadam Kebakaran sop pemeliharaan gedungKotak akses ini merupakan bagian penting dalam sistem proteksi kebakaran di gedung. Karena, dalam kondisi darurat kebakaran, petugas pemadam kebakaran harus bisa membuka pintu yang bisa saja dalam kondisi terkunci.

Tanpa kehadiran kotak akses, nantinya petugas harus melakukan upaya paksa agar bisa mengakses lokasi kebakaran, sehingga akan memperlambat proses pemadamannya. Oleh karena itu, setiap gedung harus memiliki kotak akses dengan lokasi penempatannya berada di dekat gerbang utama sebuah bangunan.

Standar Perawatan Gedung dan Peralatan Damkar Menurut NFPA Pada Hydrant

Standar Perawatan Gedung dan Peralatan Damkar Menurut NFPA perawatan hydrantDalam sistem proteksi kebakaran di gedung biasanya terdapat hydrant pillar yang berfungsi untuk mensuplai air yang dibutuhkan selama proses pemadaman. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kondisi hydrant pillar sebaik mungkin dengan menyediakan ruang kosong di sekitar hydrant tidak kurang dari 36 inch (914 mm).

Sedangkan untuk hydrant yang memiliki ukuran lebih dari 2,5 inch, kamu perlu memberikan ruang kosong sebesar 60 inch (1524 mm) di sekitar hydrant. Apabila, kamu tinggal di wilayah yang beriklim dingin, maka kamu harus menghilangkan salju yang biasa saja menutupi hydrant.

Pemeliharaan Siamese Connection Menurut NFPA

standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA ukuran siamese connectionSiamese connection adalah salah satu komponen penting dalam sistem pemadam kebakaran di sebuah gedung. Pasalnya, komponen ini memiliki fungsi sebagai jalur distribusi ketika ketersediaan air pada ground tank sudah tidak mencukupi lagi.

Karena, memiliki peran yang sangat penting pastinya kamu perlu melakukan pemeliharaan secara rutin untuk memastikan kondisi siamese connection masih tetap optimal. Untuk SOP pemeliharaannya, kamu bisa lihat pada standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA pada Bab 13 NFPA 1.

Berdasarkan peraturan National Fire Protection Association (NFPA) Bab 13 tersebut, secara rinci dan detail menjelaskan bahwa untuk setiap pemasangan siamese connection harus kamu harus menyiapkan ruang kosong. Untuk ketentuan ruang kosong pada siamese connection minimal berjarak 915 mm atau 36 inch.

Selain itu, kamu harus memastikan siamese connection dalam kondisi yang bersih terbebas dari kotoran dan lain-lain yang memiliki potensi menghambat kinerja nya. Sehingga, dalam pemeliharaannya kamu harus memastikan ranting-ranting pohon tidak menghalangi siamese connection.

Perawatan Panel Alarm Kebakaran

Standar Perawatan Gedung dan Peralatan Damkar Menurut NFPA perawatan fire alarmPanel alarm kebakaran (Fire Alarm Control Panel atau FACP) merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai otak atau pusat kendali dari sistem alarm kebakaran.

Loh kenapa komponen ini disebut sebagai pusat kendali alarm kebakaran? jadi, fire alarm control panel ini digunakan untuk mendeteksi kebakaran, mengkoordinasikan peringatan, dan mengontrol peralatan pemadam kebakaran.

Selain itu, fire alarm control panel ini juga berfungsi sebagai pemberi peringatan dini peristiwa kebakaran, pemicu alarm bell, dan mengaktifkan tindakan pemadam kebakaran. Berdasarkan standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA, panel alarm kebakaran ini harus kamu tempatkan di dekat pintu masuk.

Akan tetapi dalam kondisi tertentu, kamu juga bisa menempatkan panel alarm kebakaran pada area yang berbeda atas persetujuan ahli dan K3. Apabila, panel alarm kebakaran terkunci, maka kamu juga harus menyediakan kunci bagi petugas pemadam kebakaran agar mereka bisa mengoperasikannya.

Standar Perawatan Gedung dan Peralatan Damkar Menurut NFPA di Pusat Komando

pemeliharaan alat pemadam kebakaran perawatan ruang kontrol fire alarmJika gedung kamu memiliki banyak lantai yang menjulang tinggi, maka sebaiknya kamu siapkan sebuah ruangan khusus berukuran 23 meter (75 kaki). Kenapa demikian? Jadi, ruangan khusus nantinya dijadikan sebagai ruang pusat komando.

Sehingga nantinya para petugas pemadam kebakaran dapat mengatur strategi paling efektif ketika dalam kondisi darurat kebakaran. Berdasarkan peraturan National Fire Protection Association, ruang pusat komando ini posisinya harus terpisah dengan konstruksi bangunan yang tahan terhadap api.

Selain itu, berdasarkan standar NFPA tersebut, setiap ruang pusat komando juga harus tersedia beberapa hal berikut ini:

  • Unit komunikasi pemadam kebakaran
  • Telepon untuk keperluan pemadam kebakaran
  • Skema bangunan yang merinci denah lantai, sarana jalan keluar, sistem proteksi kebakaran, peralatan pemadam kebakaran, dan akses pemadam kebakaran
  • Meja kerja
  • Unit pengendali alarm kebakaran (fire alarm panel) atau pemberi sinyal
  • Indikator lokasi lift
  • Indikator daya darurat dan siaga
  • Indikator status fire pump
  • Kontrol sistem alarm kebakaran
  • Untuk lokasi paling ideal ruangan pusat komando ini, bisa kamu tempatkan di dekat pintu masuk utama gedung atau bisa juga di luar lobi utama. Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah memastikan ruang pusat komando ini dapat diakses dengan mudah dan terbebas dari segala penghalang.

Standar Pemeliharaan Ruang Pompa Kebakaran

Fire pump adalah perangkat mekanis yang dirancang khusus untuk memompa air dengan tekanan tinggi ke dalam sistem pemadam kebakaran, seperti sistem sprinkler dan hydrant.  Fire pump memiliki fungsi untuk meningkatkan tekanan air agar dapat dengan efektif memadamkan kebakaran, terutama dalam situasi di mana tekanan air dari ground tank sudah tidak mencukupi lagi.

Dalam standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA, fire pump harus kamu pasang di bangunan atau fasilitas komersial seperti lokasi industri, apartemen dan gedung perkantoran. Dalam penempatannya, fire pump ini harus kamu tempat pada sebuah ruangan khusus dengan mengikuti mematuhi standar yang berlaku.

Berdasarkan standar NFPA, ruang penyimpanan fire pump harus terpisah dengan gedung utama dan memiliki konstruksi bangunan yang tahan terhadap api. Selain itu, penempatan ruang fire pump juga harus memiliki akses yang mudah dan pastinya terbebas dari segala bentuk penghalang.

Itulah penjelasan lengkap tentang  standar perawatan gedung dan peralatan damkar menurut NFPA. Dengan penjelasan lengkap ini pastinya kamu tidak perlu bingung lagi akan standarnya bukan? Semoga bermanfaat!

Sumber: National Fire Protection Association (NFPA)

Leave a Comment

0