Syarat Pasokan Air Fire Hydrant Menurut SNI

Syarat pasokan air fire hydrant dan sprinkler telah diatur dalam SNI 03-1745-2000 tentang Tata cara perencanaan dan pemasangan sistem pipa tegak dan slang untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung. Karena media pemadam api hydrant dan sprinkler adalah air, maka pasokan air harus benar-benar diperhatikan.

Syarat Pasokan Air Fire Hydrant Minimum Menurut SNI 03-1745-2000

Menurut SNI inilah kriteria untuk mempersiapkan pasokan air fire hydrant dan fire sprinkler, silakan cermati di bawah ini:

  • Suatu sistem pengairan umum tekanan dan laju aliran harus sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan serta diaplikasikan dengan benar.
  • Pasokan air hydrant jika dihubungkan dengan saluran output atau keluarnya media air seperti hydrant pillar, hydrant valve dan sprinkler harus bekerja otomatis saat air mulai mengalir ke luar.
  • Fire pump atau pompa hydrant juga dapat diaplikasikan manual dengan catatan dilengkapi tangki-tangki bertekanan.
  • Pasokan air setidaknya dapat mensupport pemadaman api selama 45 menit dan bisa diakses melalui siamese connection saat regu peamdam datang.

Syarat Pasokan Air Fire Hydrant Menurut SNI 03-1745-2000

Nah, itulah beberapa syarat-syarat pasokan air fire hydrant yang harus kamu perhatikan! Tentunya untuk menjaga pasokan air hydrant tetap terjaga kamu harus rajin me-monitor groundtank/water reservoir.

Cara Mudah Monitor Level Air pada Groundtank

Selain harus mempersiapkan pasokan air hydrant, kita juga wajib menjaga pasokan tersebut selalu ada dan dalam keadaan cukup. Jangan sampai pasokan air tidak termonitor dan di bawah level atau standar yang seharusnya, bisa fatal!

Oleh sebab itu, kita harus sering me-monitor atau melakukan pengecekan pada groundtank/water reservoir. Nah, kini me-monitor groundtank/water reservoir tidak lagi ribet, kini bisa di-monitor liwat smartphone!

Syarat Pasokan Air Fire Hydrant Pastikan Pakai Aplikasi Monitor Water Level Hydrant Welmo

Dengan aplikasi cek hydrant Welmo, kita dapat mengetahui level air pada groundtank dan water reservoir secara real-time dan dari mana saja. Selain itu, aplikasi ini akan menotifikasi jika pasokan air habis, atau di bawah standar. Jika ada kebocoran pada groundtank/water reservoir aplikasi ini juga akan menotifikasi. Jadi, dapat dilakukan segera tindakan untuk meminimalisir hydrant atau sprinkler ke kurangan air.

Yuk segera coba aplikasi Welmo di sini!

Syarat Pasokan Air Fire Hydrant sni pdf, download Syarat Pasokan Air Fire Hydrant sni pdf

Leave a Comment

0