Taksi Terbang, Bawa Tantangan Baru dalam Pencegahan Kebakaran

Taukah kamu, kalau di Amerika, Australia, dan beberapa negara di Asia sudah ada flying taxis/taksi terbang? Ya, alat transportasi ini mirip mobil listrik, tapi untuk taksi terbang hanya bisa terbang dan tidak bisa melaju di jalan raya.

Mungkin hal ini akan menjadi kabar baik bagi kemajuan dunia teknologi dan otomotif di seluruh dunia. Namun, seperti yang kita ketahui pada kasus kebakaran mobil listrik (EVs) yang belakangan ini sudah beberapa kali terjadi.

Tentu hal tersebut akan membawa tantangan tersendiri kepada siapa saja dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran taksi terbang, karena kasusnya mirip dengan mobil listrik.

Mengenal Taksi Terbang, Kendaraan Transportasi Modern

Flying taxis/taksi terbang adalah kendaraan udara yang dirancang untuk melakukan penerbangan manusia seperti taksi pada umumnya. Akan tetapi, kendaraan ini telah menggunakan teknologi penerbangan yang canggih dan modern.

taksi terbang volocopter

Taksi terbang ini memiliki bentuk yang terlihat mirip dengan drone remote control berukuran besar.

Meskipun pada bagian penumpang memiliki bentuk yang sama seperti mobil, tapi taksi terbang benar-benar tidak bisa berjalan di jalan raya seperti mobil taksi pada umumnya.

Jenis transportasi ini juga termasuk dalam kategori eVTOL (Electric Vertical Takeoff and Landing). Di mana eVTOL merupakan jenis kendaraan udara yang dioperasikan menggunakan energi listrik dan mampu lepas landas maupun mendarat secara vertikal.

Dengan seperti itu, taksi dapat membawa penumpang dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan efisien.

teksi terbang vs mobil listrik

Bisa dikatakan bahwa taksi terbang juga dapat menjadi salah satu solusi untuk menghindari kemacetan. Sementara jika kamu pakai mobil listrik masih memiliki keterbatasan, yaitu hanya bisa berjalan melalui infrastruktur jalan yang ada.

Taksi terbang ini menggunakan teknologi listrik atau hibrida untuk menggerakkan mesin motor dan baling-baling yang memungkinkan kendaraan tersebut terbang secara vertikal.

Kemudian dalam lepas landas, akan mengandalkan baling-baling yang berputar pada kecepatan tinggi. Dengan seperti itu, flying taxis bisa memperoleh daya angkat dan bisa terbang.

Baterai Menjadi Perhatian Khusus Bagi Pakar Keselamatan Kebakaran

baterai taksi terbang

Kamu juga harus tahu, bahwa taksi terbang itu memerlukan sumber daya listrik yang lebih besar daripada mobil listrik pada umumnya. Dikarenakan harus mampu menggerakkan mesin motor dan baling-baling untuk terbang dan mendarat dengan aman.

Sistem baterai taksi terbang juga harus dirancang khusus untuk memberikan daya yang cukup.

Kenapa? Karena dengan adanya daya yang cukup akan mampu untuk menempuh jarak yang lebih jauh dari mobil listrik dan tetap bisa terbang meskipun dalam kondisi cuaca buruk.

Nah, itulah yang menjadi perhatian khusus bagi para pengamat dan pakar keselamatan kebakaran.

Seperti yang dikatakan oleh Michael Gorin (Manajer program masalah baru di NFPA), “Pesawat eVTOL ini harus mengisi daya pada voltase yang sangat besar,”.

Bagaimana tidak, taksi terbang setidaknya membutuhkan daya sebesar 800 hingga 1.000 volt dalam pengisian arus searah.

Di mana itu sudah dua kali lipatnya dari pengisi daya yang telah disediakan oleh Tesla Supercharger selaku pelopor mobil listrik di dunia.

taksi terbang memiliki power tinggi

Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institute of Aerospace dan NASA pada tahun 2020 lalu, mengusulkan untuk delapan stasiun pengisian daya pesawat eVTOL yang ada di Houston agar memakai energi sekitar 50 megawatt-jam per hari. Padahal rata-rata rumah tangga Amerika menggunakan energi sekitar 11 megawatt-jam dalam satu tahun penuh.

Lalu, Bagaimana dengan Resiko Kebakaran yang Dapat Terjadi pada Taksi Terbang?

taksi terbang interior

Meskipun sudah menggunakan teknologi listrik yang dikatakan lebih aman dari pada menggunakan mesin bahan bakar cair atau gas, risiko kebakaran pada taksi terbang juga tetap bisa saja terjadi.

Kasus kebakaran taksi terbang memang belum pernah ditemukan, karena beberapa perusahaan masih dalam tahap pengembangan dan belum banyak pengoperasian komersil.

Tapi, biasanya kebakaran dapat terjadi karena disebabkan beberapa faktor, seperti:

  • Korsleting listrik pada komponen taksi terbang,
  • Overheating pada baterai,
  • Kerusakan pada mesin, dan
  • Kecelakaan/tabrakan.

taksi terbang punya landasan khusus

Selain dari segi kendaraan, landasan taksi terbang atau yang biasa disebut dengan vertiport juga harus menjadi perhatian. Karena semua penggunaan listrik di vertiport dapat menimbulkan potensi kebakaran.

Biasanya yang menjadi sumber kebakaran adalah pada baterai di taksi terbang pada saat parkir sambil mengisi daya baterai.

Nah, ketika terjadi kerusakan pada baterai, seperti timbul kecacatan pada sel baterai internal dan energi berpotensi terperangkap di dalam baterai.

baterai taksi terbang

Kemudian energi yang terdampar ini dapat memicu proses yang dikenal sebagai pelarian termal. Di mana baterai pada dasarnya terus menerus mengalami panas berlebih dan tekanan berlebih serta rentan terhadap kebakaran, seperti:

Nah, tentu saja Ini adalah masalah yang harus didalami oleh dinas pemadam kebakaran terkait untuk penanganan kebakaran pada taksi terbang.

Baik itu untuk kebakaran yang disebabkan karena kecelakaan perjalanan maupun ketika mengisi daya di vertiport.

Keberadaan Taksi Terbang dan Vertiport Membuat Pemecahan Masalah Menjadi Kompleks?

taksi terbang dengan desain landasan unik

Desain Vertiport menjulang tinggi menyerupai pohon baobab Afrika – Image by: GIANCARLO ZEMA

Kebakaran taksi terbang yang sedang berada di vertiport, dapat membuat permasalah menjadi lebih kompleks.

Jika misalkan vertiport tersebut berada di daratan, tapi itu sama halnya tim pemadam harus memadamkan sesuatu yang terbakar di atap setinggi 20 kaki (6-7 meter).

Seperti yang dikatakan oleh Rex Alexander (Pilot helikopter veteran & presiden Five-Alpha), “Bagaimana cara mengendalikannya? Dan bagaimana cara menghadapinya? Karena meskipun kita telah mengendalikan api, itu bukan berarti api bisa padam untuk selamanya.”

Bayangkan saja, misalkan kamu memiliki beberapa taksi terbang yang terparkir di landasan penerbangan, dan pada saat yang sama berarti di situ ada ribuan baterai yang saling bersandingan.

Sedangkan rancangan landasan modern yang dikembangkan memiliki ketinggian hingga 20 kaki.

Pasti akan kesulitan dalam memadamkan api, jika tidak ada penanganan khusus, baik penanganan manual maupun menggunakan sistem otomatis.

Lalu, alat pemadam api atau sistem supresi seperti apa yang harus dipasang? Kemudian akses dan jalan keluar untuk petugas pemadam kebakaran harus dibuat bagaimana?

Nah, mungkin itu pertanyaan akan selalu dipertanyakan oleh para pilot dan juga pemilik taksi terbang.

Begini Upaya Pencegahan Kebakaran Taksi Terbang dan Vertiport

Ada beberapa upaya untuk mencegah dan mengatasi jika terjadi kebakaran pada taksi terbang dan juga vertiport.

flying taxi

Di bawah ini merupakan cara untuk menghadapi tantangan keselamatan kebakaran dari vertiports dan taksi terbang:

1. Desain dan Konstruksi Harus Tahan Api

Vertiport harus dirancang dan dibangun dengan material yang tahan api dan memenuhi standar keselamatan yang ketat.

Ini akan membantu meminimalkan risiko kebakaran dan memastikan bahwa struktur dan fasilitas vertiport dapat bertahan dalam keadaan darurat.

2. Memasang Sistem Pemadam Kebakaran

keamanan kebakaran landasan taksi terbang

Melakukan instalasi sistem pemadam kebakaran yang memadai pada taksi terbang dan fasilitas vertiport merupakan hal yang penting. Sistem pemadam kebakaran harus disesuaikan dengan jenis bahan dan peralatan yang digunakan.

proteksi garasi taksi terbang pakai fire suppression

Ilustrasi foam fire suppression di garasi taksi terbang

Jika area vertiport berada pada ruangan yang bisa ditutup (seperti garasi), maka bisa memasang fire alarm system, fire suppression system, atau fire sprinkler system yang menggunakan media pemadam api CO2 maupun sistem pemadam api foam.

Namun, jika landasan penerbangan berada di area terbuka, lebih disarankan menggunakan fire hydrant system.

Dengan adanya sistem seperti ini, kebakaran dapat segera diatasi. Tapi jangan lupa, sistem pemadam kebakaran harus diuji secara berkala untuk memastikan kesiapan ketika akan digunakan.

3. Pelatihan Kepada Petugas dan Pilot

Petugas yang bertanggung jawab atas operasi vertiport harus menjalani pelatihan yang ketat dan bila perlu bisa dilakukan sertifikasi.

Hal ini akan memastikan bahwa mereka mampu mengatasi situasi darurat, termasuk kebakaran dengan tepat dan efisien.

Begitu juga dengan pilot, harus dilatih tentang bagaimana cara mendaratkan kendaraan yang terbakar ketika masih mengudara. Kemudian dilanjutkan dengan proses evakuasi maupun pemadaman menggunakan alat pemadam api ringan.

4. Menyediakan Alat Pemadam Api

taksi terbang harus diproteksi pakai alat pemadam api

Alat pemadam api ringan (APAR) juga harus disediakan di beberapa titik vertiport dan di dalam taksi terbang. Lho kenapa harus di dalam taksi? Ya, hal tersebut bermaksud untuk mengatasi kebakaran agar tidak menyebar besar menghabiskan kendaraan.

Misalkan pilot sedang mengudara dan mengetahui ada indikasi kebakaran. Maka, pilot langsung mendaratkan taksi secara darurat kemudian mengevakuasi diri. Namun, jika kebakaran masih kecil, bisa langsung diatasi menggunakan APAR yang ada di taksi terbang tadi.

5. Koordinasi dan Komunikasi yang Baik

kebakaran di vertiport taksi terbang

Pihak vertiport juga harus bekerja sama dengan pihak berwenang dan pemadam kebakaran setempat untuk memastikan koordinasi dan komunikasi yang baik dalam mengatasi kebakaran atau situasi darurat lainnya.

Hal ini akan memungkinkan tindakan cepat dan koordinasi yang efektif dalam mengatasi keadaan darurat.

6. Menyediakan Jalur Evakuasi

upaya penanganan kebakaran di vertiport taksi terbang

Memiliki rute evakuasi yang jelas dan terstruktur sangatlah penting untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan para penumpang dan pengguna vertiport dalam situasi darurat.

Rute evakuasi yang terencana dengan baik tentu akan membantu dalam mengurangi potensi kerusakan dan risiko pada saat terjadi insiden atau kebakaran.

7. Melakukan Pengawasan dan Pengendalian

taksi terbang bisa di charge

Bagi pemilik atau penyedia landasan juga harus melakukan pengawasan dan pengendalian aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran, seperti stasiun pengisian daya listrik.

Nah, dengan adanya upaya pencegahan dan penangan seperti di atas tentu akan memperkecil kemungkinan terjadi kebakaran yang besar hingga merusak aset maupun kehilangan nyawa.

Apakah Sudah Ada Standar yang Mengatur Keamanan Kebakaran Pada Taksi Terbang dan Vertiport?

desain andasan taksi terbang darat

Desain Vertiport seperti bandara tradisional – Image by: VOLOCOPTER

Melihat permasalahan yang kompleks dan timbul berbagai macam pertanyaan, mengharuskan NFPA (National Fire Protection Association) membentuk sebuah komite teknis dengan kode standar NFPA 418.

Sudah mulai dibahas dan disusun dalam standar edisi 2021, yang akan terus dikembangkan merujuk ke topik tentang vertiports. Fokus pembahasan pada standar ini lebih berpusat pada baterai dan stasiun pengisian daya.

Kemudian ada beberapa kode standar NFPA yang membahas tentang taksi terbang dan juga struktur bangunan vertiport, seperti di bawah ini:

Memang belum banyak kode yang mengatur tentang keselamatan kebakaran pada taksi terbang dan vertiport. Hingga sampai saat ini, NFPA terus melakukan penelitian dan penyusunan poin-poin di dalam setiap kode secara rinci.

Kesimpulan

Dalam menjalankan operasi transportasi udara, keamanan merupakan prioritas utama, termasuk pencegahan kebakaran pada taksi terbang.

Selain beberapa upaya di atas, melakukan pengawasan dan pengendalian aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran juga sangat penting. Seperti contohnya pada stasiun pengisian daya listrik maupun panel utama penyuplai listrik.

Jika petugas dapat melakukan pencegahan yang sesuai dengan standar diharapkan, tentu dapat meminimalkan risiko terjadinya kebakaran.

Hal tersebut juga dapat memastikan operasi transportasi udara dapat dilakukan dengan lebih aman dan efisien.

Baca Juga:

Itulah pembahasan kita mengenai taksi terbang dan langkah-langkah keamanan yang perlu diambil untuk mencegah kebakaran. Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut, silakan tuliskan komentar di bawah ini, ya!

Kemudian jika kamu membutuhkan konsultasi mengenai proteksi kebakaran, bisa mempercayakan kepada vendor resmi kami, yaitu PT Patigeni Mitra Sejati. Kamu bisa hubungi Patigeni sekarang untuk melakukan konsultasi gratis.

Ingat! Pencegahan kebakaran bukanlah pilihan, melainkan suatu keharusan. Yuk lindungi dirimu, orang-orang di sekitarmu, dan aset berharga milikmu dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Referensi: NFPA Journal - Preparing for Takeoff

Leave a Comment

0