Cek Tutorial Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api ringan atau sering disingkat APAR adalah alat yang digunakan untuk menghentikan kebakaran di tingkat awal. Fungsi APAR adalah menghilangkan salah satu elemen penyebab api (segitiga api) ketika sumber api masih belum terlalu besar. Namun masih banyak yang tidak tahu tutorial menggunakan alat pemadam jenis ini.

Ketika para pengguna APAR belum pernah mempelajari tutorial APAR, sudah pasti akan melakukan beberapa kesalahan. Sayangnya kesalahan-kesalahan yang diperbuat adalah kesalahan kecil dan sering dianggap benar padahal keliru. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan kami berikan tutorial menggunakan APAR yang benar.

 

Langkah-langkah Tutorial Menggunakan Alat Pemadam APAR

Sebenarnya tutorial ini sudah ada dan dipasang pada tabung APAR, namun masih banyak orang yang tidak menghiraukannya. PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep) adalah acuan standar global untuk mengoperasikan APAR, adapun langkah persisnya seperti ini:

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam APAR dan Tahapannya

  1. Pull, dimaksudkan untuk menarik safety pin yang ada pada APAR.
  2. Aim, tahap ini dilakukan dengan cara mengarahkan ujung selang atau hose ke arah sumber api.
  3. Squeeze, berarti menekan tuas pemicu pada tabung APAR supaya media keluar.
  4. Sweep, langkah ini dilakukan dengan cara menggerakan secara perlahan ujung selang dari kiri ke kanan atau sebaliknya untuk memadamkan sumber api.

Setelah tahu tentang tutorial mengggunakan APAR, selanjutnya akan dibahas kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada penggunaan APAR.

 

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pengoperasian APAR

Meski kesalahan-kesalahan yang akan dijabarkan di bawah ini terkesan sepele, namun tanpa disadari bisa berakibat fatal.

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam yang Salah

  • Kesalahan yang sering dilakukan tanpa disadari adalah mengangkat tabung APAR dengan cara menjinjingnya. Perlu diketahui jika mengangkat APAR dengan cara menjinjing akan membuat kita cepat lelah apalagi untuk ukuran APAR di atas 6 kg. Cara yang benar adalah dengan memanggulnya.
  • Berikutnya kesalahan saat hendak membuka safety pin. Banyak dari kita kebingungan karena safety pin menjadi berat saat akan digunakan. Ini dikarenakan tuas pemicu pada APAR tertekan. Cara yang benar membuka safety pin pada APAR adalah dengan menariknya saja, tanpa menekan tuas pemicu.
  • Kesalahan berikut ini jika dilakukan akan berakibat cukup fatal, yaitu memegang selang APAR di bagian tengah. Jika ini dilakukan, maka dikhawatirkan selang akan tidak terarah. Ini disebabkan karena tekanan APAR yang mencapai 13 bar akan membuat selang bergerak tidak beraturan. Cara yang benar adalah dengan memegang ujung selang.
  • Terakhir adalah kesalahan dalam menghemat media APAR. Banyak pengguna yang menghemat media APAR ketika menyemprotkannya ke sumber api. Tanpa disadari ini justru merugikan, karena memperlambat pemadaman api dan menambah potensi api menjadi besar.

Dengan mengetahui tutorial penggunaan APAR dan kesalahan-kesalahan penggunaannya, kami harap Anda semua dapat menggunakan APAR dengan tepat dan benar kedepannya.

Comments
  • Safety Mart Indonesia
    Balas

    Yup. Sering terjadi kesalahan saat memegang selang nya. Thanks.

Leave a Comment

0